Analisis Tahanan Isolasi Kabel dan Trafo Approach Light pada Runway 35 di Bandar Udara Abdulrachman Saleh Malang
Abstract
Pengukuran tahanan isolasi pada kabel dan trafo lampu approach light yang terpasang di runway 35 adalah langkah penting dalam memastikan keamanan dan keandalan sistem penerangan di Bandar Udara Abdulrachman Saleh Malang. Tahanan isolasi yang tinggi pada komponen ini sangat krusial untuk mencegah kebocoran arus yang dapat menyebabkan kegagalan sistem atau bahaya kebakaran. Pengujian dilakukan pada kabel FL2XCY dan trafo approach light menggunakan megger isolation tester pada berbagai bar lampu di sirkuit CCR 1 dan CCR 2 yaitu bar 1, 2, 3, 4, 5, 6, dan 7. Data dianalisis berdasarkan standar PR 26 TAHUN 2022 TENTANG PEDOMAN TEKNIS OPERASIONAL KESELAMATAN PENERBANGAN SIPIL secara kuantitatif. Penelitian ini bertujuan agar dapat memberikan pemahaman lebih lanjut tentang kondisi isolasi kabel dan trafo approach light serta memberikan rekomendasi perawatan yang sesuai dengan PR 26 tahun 2022 untuk menjaga kinerja yang optimal dari sistem penerangan bandar udara demi kelesamatan penerbangan. Hasil pengukuran menunjukkan nilai tahanan isolasi kabel FL2XCY CCR 1 pada approach light runway 35 dengan jarak rangkaian keseluruhan sepanjang 3720 meter memiliki nilaitahanan isolasi sebesar 42 MΩ dan CCR 2 jarak rangkaian keseluruhan sepanjang 3600 meter memiliki tahanan isolasi sebesar 40 MΩ. Sesuai PR 26 Tahun 2022, untuk panjang rangkaian 3000 sampai 6000 meter, nilai tahanan isolasi minimum yang dipersyaratkan adalah 40 MΩ. Hal Ini menandakan bahwa tahanan isolasi kabel FL2XCY CCR 1 dan CCR 2 pada approach light runway 35 masih memenuhi nilai tahanan isolasi yang dipersyaratkan oleh PR 26 Tahun 2022. Dalam rangkaian approach light runway terdapat tanahan isolasi yang bervariasi dari 2250 MΩ hingga 3240 MΩ untuk kabel FL2XCY dan 2450 MΩ hingga 6500 MΩ untuk trafo. Dengan melakukan perawatan seperti pengecekan bak trafo dan membersihkan bak trafo, besar kemungkinan nilai tahanan isolasi secara keseluruhan rangkaian (looping) akan meningkat dan dapat mencapai nilai tahanan isolasi minimum yang dipersyaratkan oleh PR 26 Tahun 2022. Nilai tahanan isolasi trafo pada approach light 35 CCR 1 dan CCR 2 menunjukkan nilai tahanan isolasi yang tinggi. Perawatan dan perbaikan lebih lanjut atau pemeriksaan tambahan diperlukan untuk memastikan bahwa tidak ada masalah isolasi pada trafo dan di pastikan tidak berdampak pada keseluruhan sistem dan operasional
References
[2] A. D. PRAMESTI, "ANALISA UJI KELAYAKAN TAHANAN PENTANAHAN DAN," PUBLIKASI ILMIAH, pp. 1-13, 2022.
[3] A. W. Muhammad Aris Rafiansyah1, "ANALISIS UJI TAHANAN ISOLASI PADA POWER TRANSFORMATOR PT. PQR," Vol.1, No.11, Juli 2022, pp. 2723-2732, 2022.
[4] E. D. Agustini, "Kebutuhan Approach Light System pada Kedua Ambang Landasan Bandara," Jurnal Penelitian Perhubungan Udara Vol.38 No.2 Juni 2012, vol. 38, pp. 168-179, 2012.
[5] A. E. Widodo1, "Detektor Kebocoran Listrik Rumah Berbasis Arduino," Evolusi: Jurnal Sains dan Manajemen Vol 8 No. 2 September 2020, vol. 8, pp. 40-49, 2020.
[6] H. Fadhillah1, "Pengaruh Beban Kerja dan Stress Kerja Terhadap Decision Making Personel," Prosiding Seminar Nasional Vokasi Penerbangan (SNVP), vol. 01, pp. 1-4, 2022.
[7] "RANCANGAN SIMULASI APPRAOCH LIGHTING SYSTEM BANDAR UDARA MENGGUNAKAN MICROSOFT VISUAL STUDIO 2015 DI SEKOLAH TINGGI PENERBANGAN INDONESIA," Jurnal Ilmiah Aviasi Langit Biru Vol. 12 No.1 Februari 2019 Hal 1 : 152, vol. 12, pp. 109-116, 2019.
[8] Z. P. A. I. T. Yusniati, "PENGUKURAN RESISTANSI ISOLASI INSTALASI," Buletin Utama Teknik Vol. 16, No. 3, Mei 2021, vol. 16, pp. 240-247, 2021.
[9] H. W. Destisari Amalia(1), "PERENCANAAN PERUBAHAN KONFIGURASI PRECISION APPROACH," Jurnal Ilmiah Aviasi Langit Biru Vol. 13 No.2 Juni 2020 Hal 1 : 160, vol. 13, pp. 37-48, 2020.
Copyright (c) 2025 Muhammad Bahtiar, Rubby Soebiantoro Rubby

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.