Sosialisasi Komputasi Kreatif Dan Pemanfaatan Kecerdasan Buatan: Cerdas Dalam Memutuskan Belanja Online Penggunaan Aplikasi Tiktok Shop

Sosialisasi Komputasi Kreatif Dan Pemanfaatan Kecerdasan Buatan: Cerdas Dalam Memutuskan Belanja Online Penggunaan Aplikasi Tiktok Shop

  • Islamiah Kamil Universitas Dian Nusantara, DKI Jakarta, Indonesia
  • Indra Ade Irawan Universitas Pancasila, DKI Jakarta, Indonesia
  • Sri Anjarwati Universitas Dian Nusantara, DKI Jakarta, Indonesia
  • Yolifiandri Yolifiandri Universitas Dian Nusantara, DKI Jakarta, Indonesia
Keywords: artificial intelligence, online shopping, tiktok store, e-commerce, digital literacy

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital masyarakat dalam konteks komputasi kreatif dan pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) dalam pengambilan keputusan belanja online. Fokus utama dari pengabdian ini adalah sosialisasi penggunaan komputasi kreatif, terutama melalui aplikasi TikTok Shop, untuk memberikan pengalaman berbelanja yang lebih cerdas dan terpersonalisasi. sosialisasi komputasi kreatif dan pemanfaatan kecerdasan buatan: cerdas dalam memutuskan belanja online penggunaan aplikasi TikTok Shop merupakan upaya untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang belanja online yang cerdas dan aman serta memanfaatkan fitur TikTok Shop. TikTok Shop adalah platform social e-commerce yang memungkinkan penjual untuk menawarkan produknya ke pengguna TikTok secara langsung. Untuk menggunakan TikTok Shop, pengguna perlu mendaftar akun di TikTok Shop seller center agar dapat berjualan, sementara untuk berbelanja, pengguna dapat membuka aplikasi TikTok, menemukan produk, dan melakukan pembayaran. Melalui sosialisasi ini, diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan teknologi secara lebih cerdas dalam memutuskan belanja online dan memanfaatkan fitur TikTok Shop secara efektif. Pengabdian ini diharapkan dapat memberikan manfaat signifikan dalam meningkatkan pemahaman masyarakat tentang potensi kecerdasan buatan dalam konteks belanja online. Dengan adanya pemahaman yang lebih baik, diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan teknologi ini secara lebih efektif untuk membuat keputusan belanja yang cerdas, efisien, dan memuaskan. Selain itu, melalui kolaborasi dengan komunitas online, kami berharap dapat menciptakan lingkungan yang mendukung pertukaran pengetahuan dan pengalaman antar pengguna, memperkaya wawasan tentang penggunaan komputasi kreatif dan kecerdasan buatan dalam konteks belanja online.

References

Aditya, R., & Rusdianto, R.Y. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. *Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia*, 2(2), 96–102. https://doi.org/10.55606/jppmi.v2i2.386

Anggraeni, A. A., Noviandi, A., Putra, A. M., & Sanjaya, V. F. (2020). Pengaruh shopping lifestyle dan visual merchandising terhadap impulse buying melalui emosi positif. *Jurnal Enterpreneur Dan Bisnis (JEBI)*, 1(2).

Anisa, R. R., & Chamidah, N. (2022). Pengaruh Word Of Mouth Mengenai Live Streaming Tiktok Shop Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. *Jurnal Komunikasi Pemberdayaan*, 1(2), 131–143. https://doi.org/10.47431/jkp.v1i2.230

Ariska, Y. I., Yustanti, N. V., & Ervina, R. (2022). Dampak Tagline “Gratis Ongkos Kirim” dan Program Flash Sale pada Marketplace Shopee untuk Mendorong Impulsive Buying secara Online. *Ekombis Review: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis*, 10(S1). https://doi.org/10.37676/ekombis.v10iS1.2005

Arnas, Y., Ismail, K. G. S. M., Kurniawati, Z., Kurnianto, B., Wibowo, I. H., & Kalbuana, N. (2021). Pelatihan perawatan / service AC untuk masyarakat sekitar Politeknik Penerbangan Indonesia Curug. Penamas: Journal of Community Service, 1(2), 90–99.

Bih, A. K., Widarko, A., & Khalikussabir, K. (2023). Pengaruh Gaya Hidup Berbelanja, Electronic Word of Mouth dan Flash Sale Terhadap Pembelian Impulsif Pada Social Commerce Tiktok Shop (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pengguna Tiktok Shop di Kota Malang). *E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen*, 12(01).

Dewa, dkk. (2021). Pemanfaatan Media Sosial TikTok sebagai Media Promosi Industri Kuliner di Yogyakarta pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun TikTok Javafoodie). *Jurnal, Volume 12. Nomor 1*. Ejournal. bsi.ac.id/ejurnal/index.php/khasanah/article/view/10132/4733. Diakses pada tanggal 15 Januari 2024.

Fahmi, I. (2016). *Perilaku Konsumen Teori dan Aplikasi*. Bandung: Alfabeta

Hastomo, W., Karno, A. S. B., Kalbuana, N., Nisfiani, E., & ETP, L. (2021). Optimasi Deep Learning untuk Prediksi Saham di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN), 7(2), 133. https://doi.org/10.26418/jp.v7i2.47411

Hendra, O., Lestary, D., Aswia, P. R., Kalbuana, N., & Saulina, M. (2022). Pengenalan Budaya Keselamatan Bagi Pelajar Sekolah Menengah Kejuruan Penerbangan. Darmabakti: Jurnal Inovasi Pengabdian dalam Penerbangan, 2(2), 72–77.

Hudha, A. N. (2018). Promosi Melalui Media Sosial terhadap Minat Beli. *Jurnal, Volume 2. Nomor 15*. Jurnalkommas.com/docs/Jurnal%20D02110 10.pdf. Diakses pada tanggal 30 Mei 2021.

Kalbuana, N., Hendra, O., Aswia, P. R., Lestary, D., Kardi, & Solihin. (2021). Pengenalan Unit Penanggulangan Keadaan Darurat Di Bandara Bagi Siswa SMK Penerbangan di Wilayah Lampung dan Sidoarjo. Jubaedah : Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah, 1(3), 232–239.

Kalbuana, N., Kurnianto, B., Abdusshomad, A., & Indra Cahyadi, C. (2022). Peningkatan Kemampuan Personil Penerbangan Pada Pelayanan Jasa Kebandarudaraan Melalui Pendidikan Dan Pelatihan Manajemen Bandar Udara. Pengmasku, 2(1), 57–65. https://doi.org/10.54957/PENGMASKU.V2I1.190

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). *Marketing Management* (Edisi ke-15). Terjemahan Bob Sabran. United States: Pearson Education.

Kurnianto, B., Abdusshomad, A., Kalbuana, N., Kurniawati, Z., Rohman, T., & Hidayat, W. (2023). Pengenalan Google Schoolar dan SINTA Kepada Guru di MAN 3 Kulonprogo Yogyakarta. Jurnal Pengabdian Cendikia, 2(3), 96–104. Diambil dari https://doi.org/10.5281/zenodo.8042464

Kurniawati, Z., Kurnianto, B., Abdusshomad, A., Kalbuana, N., & Prasetyo, B. (2023). Utilization of Zoom Application as An Online Learning Media During the Covid-19 Pandemic at Politeknik Penerbangan Indonesia Curug. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 6(2), 1268–1274. Diambil dari https://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/1660

Novita, D. (2020). Pengaruh Promosi Menggunakan Sosial Media terhadap Keputusan Pembelian.

Pratama, G. W., & Kurniawan, D. (2022). Manfaat dan Tantangan Penerapan Artificial Intelligence (AI) dalam Pemasaran Produk di Era Digital.

Purwaningtyas, D. A., Sonhaji, I., Kalbuana, N., Anam, K., Widoro, E., Penerbangan Indonesia Curug, P., & Banten, T. (2023). Peningkatan Kualitas Publikasi dan Pengembangan Karier Inspektur Penerbangan melalui Pelatihan Karya Tulis Ilmiah untuk Direktorat Navigasi Penerbangan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) Langit Biru, 4(01), 21–27. Diambil dari https://doi.org/10.54147/jpkm.v4i01

Uzliawati, L., Kalbuana, N., Budyastuti, T., Budiharjo, R., Kusiyah, & Ahalik. (2023). The power of sustainability , corporate governance , and millennial leadership : Exploring the impact on company reputation. Uncertain Supply Chain Management, 11, 1275–1288. https://doi.org/10.5267/j.uscm.2023.3.020

Published
2024-09-09