Pendampingan Masyarakat dalam Pemasaran Desa Wisata Sasak Ende Sengkol Melalui Pelatihan E Commerce
Abstract
Pendampingan masyarakat dalam pemasaran Desa Wisata Sasak Ende Sengkol melalui e-commerce bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan masyarakat dalam memanfaatkan teknologi digital guna mempromosikan destinasi wisata. Kegiatan ini meliputi sosialisasi mengenai pemasaran digital, pelatihan teknis pembuatan konten promosi, simulasi transaksi online, serta optimalisasi fitur promosi di platform e-commerce. Metode yang digun mencakup edukasi, praktik langsung, dan evaluasi berkelanjutan guna memastikan penerapan yang efektif dan berkelanjutan. Hasil pendampingan menunjukkan peningkatan keterampilan masyarakat dalam membuat konten pemasaran, mengelola transaksi digital, serta memanfaatkan fitur promosi secara optimal. Dengan adanya pendampingan ini, diharapkan Desa Wisata Sasak Ende Sengkol dapat lebih dikenal luas dan menarik lebih banyak wisatawan, sehingga meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.
References
Abdel-Basset, Mohamed, Victor Chang, and Nada A. Nabeeh. 2021. “An Intelligent Framework Using Disruptive Technologies for COVID-19 Analysis.” Technological Forecasting and Social Change 163: 120431. https://linkinghub.elsevier.com/retrieve/pii/S0040162520312579.
Adi, Anas Firman. 2023. “Strategic Financial Management: Understanding the Dynamics of Financial Strategy, Performance and Investment Decisions.” Atestasi : Jurnal Ilmiah Akuntansi 6(1): 420–34. https://jurnal.feb-umi.id/index.php/ATESTASI/article/view/839.
Alya Ilham Rizky, Rita Kusumadewi, Eef Saefulloh. 2022. “Pengaruh Pelatihan Dan Karakteristik Wirausaha Terhadap Pengembangan UMKM (Studi Pada UMKM Di Kecamatan Cigugur).” Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen dan Kewirausahaan, Entrepeneur 3(1): 361–376.
Damaianti, Indriana et al. 2025. Pemasaran Digital.
Figueiredo, Vítor. 2019. “Kotler, P., Kartajaya, H. & Setiawan, I. (2017). Marketing 4.0: Mudança Do Tradicional Para o Digital. Coimbra, Portugal: Conjuntura Actual Editora. Trad. Pedro Elói Duarte. (218 Páginas). ISBN 9789896942083.” Comunicação pública (Vol.14 no 27). http://journals.openedition.org/cp/4302.
Indriana, I., Taqi, M., Lestari, T., Mulyasari, W., Ekasari, A., & Hidayat, I. (2025). Sharia-Based Cooperatives : Empowering Indonesian Workers in Pulau Pinang , Malaysia. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT), 48(2), 608–614.
Jamaluddin et al. 2025. 1 Yayasan Tri Edukasi Ilmiah Ekonomi Manajemen Sumber Daya Manusia. 1st ed. ed. M.Hum Prof. Dr. Andar Indra Sastra, S.Sn. Tilatang Kamang: Yayasan Tri Edukasi Ilmiah.
Kreatif, Kementerian Pariwisata Dan Ekonomi. “Desa Wisata Adat Sasak Ende, Sengkol.” https://jadesta.kemenparekraf.go.id/desa/adat_sasak_ende_sengkol.
Ndari, Priska Wulan, Yulanda Elis Meyana, and Rini Aprilia Lestari. 2024. “Pendampingan Pembuatan Aplikasi Penjualan Menggunakan Microsoft Excel Pada UMKM Kripik Tempe Sanan.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) Langit Biru 5(01): 17–22. https://journal.ppicurug.ac.id/index.php/jpkm/article/view/893.
Neny Rochyani, Sri Suyani, Waode Azfari Azis, Anas Firman Adi, Priska Wulan Ndari. 2023. Sistem Lingkungan Industri. Padang: Get Press Indonesia.
Raharjana, Destha Titi, and Heddy Shri Ahimsa Putra. 2020. “Penguatan SDM Dalam E-Marketing Untuk Promosi Desa Wisata Di Kabupaten Malang.” Jurnal Nasional Pariwisata 12(2): 140. https://jurnal.ugm.ac.id/tourism_pariwisata/article/view/60403.
Sjp, Stac et al. 2022. “Resourcing and the Sustainability of Donor Funded Potatoes Projects in Kabale District, Southwestern Uganda.”
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. 3rd ed. ALFABETA.
Taqi, M., Indriana, I., Ismail, T., Hanifah, I. A., Sanjaya, R., & Hidayat, I. (2025). Cultivating Patriotism : A Nationalism Education Program for the Children of Indonesian Migrants in Malaysia. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT), 48(2), 602–607.
Wang, Xiaowen, Hui Zhang, and Meng Shi. 2025. “The Mediating Role of Supply Chain Digitization in the Relationship between Cross-Border e-Commerce Development and Regional Economic Growth.” Finance Research Letters 75: 106830. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1544612325000959.
Wardhana, Aditya. 2021. “Strategi Pemasaran E-Commerce.” In , 127–43.
Zaini, M Lukman. 2021. “Jurnal Ilmiah Sinteks Issn : 1907-2007 e-Issn : 2579-7115.” 10(2): 10–16.

Copyright (c) 2025 Anas Firman Adi, Priska Wulan Ndari, Sri Suyani, Yulanda Elis Meyana, Rini Aprilia Lestari, Filemon Ndarung

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.