PERANCANGAN ALAT BACA LIFT DAN DRAG TIPE PEGAS ULIR DENGAN KAPASITAS 0 – 2,245 Lbs. PADA TEROWONGAN ANGIN KECEPATAN 14,493 Fps – 41,838 Fps.

  • Wira Gauthama
Keywords: Accuracy, coil spring deflection, Drag balance

Abstract

B.Indonesia

Terowongan angin model terbuka laboratorium fluida Prodi Teknik Pesawat Udara PPI Curug digunakan untuk pembelajaran pola aliran udara berbagai model airfoil. Studi awal menunjukkan kecepatan udara di ruang uji memiliki rentang 14,493 fps – 41,838 fps, laminar sehingga memenuhi syarat diperlengkapi alat baca Lift dan Drag. Metode timbangan overhead digunakan dan lendutan pegas ulir baja tahan karat berdiameter 0,8 mm untuk Lift 0 – 2,5 lbs dan 0,2 mm untuk Drag 0 – 0,4 lbs. Setiap mm lendutan pegas membaca 0,0122 lbs Lift dengan akurasi 0,02 mm sama dengan 0,000244 lbs, dan membaca 0,0022 lbs Drag dengan akurasi pada vernier 0,02 mm. Beban maksimum pada pegas dihitung berdasarkan gaya terbesar pada model uji NACA 0012, NACA 2424 dan NACA 4412. Hasil penelitian memperlihatkan alat baca dapat mengukur rentang Lift negatif terbesar terjadi dengan model NACA 0012 sebesar 2,2642 lbs dan Lift positif terbesar terjadi pada NACA 4412 sebesar 1,839 lbs. dengan lendutan maksimum pegas 199,47 mm. Beban tarik pegas terbesar mengukur nilai Drag terjadi pada model NACA 4412 sebesar 0,0393 Lbs dengan lendutan maksimum pegas 18 mm.

B.English

Open type wind tunnel within the fluid laboratory of Prodi Teknik Pesawat Udara PPI Curug was utilized solely for training purpose to examine the variation of airflow over many kinds of airfoil model. Preliminary research showed the airspeed in the test chamber exhibits the laminar flow with the velocity range of 14.493 – 41.838 fps, and was technically met with the requirements to be equipped with Lift and Drag balance. The design adopted the simple overhead troly type balance with stainless steel coil spring as the main components with 0.8 mm diameter to measure 0 – 2.5 lbs Lift and a 0.2 mm diameter to measure 0 – 0.4 lbs Drag. With the 0.02 mm accuracy. For each mm spring deflection results in reading capability of 0.0122 lbs Lift equal to 0.000244 lbs calculated Lift, and 0.0022 lbs Drag equal to 0.000009 lbs calculated Drag. Maximum load is analyzed referred to the highest force possessed by NACA 0012, 2424 and 2412 airfoil model. Research study shows the balance is capable to measure the range of aerodynamic force of 2.2642 lbs highest negative Lift with NACA 0012 and 1.839 lbs highest positive Lift with NACA 4412 producing maximum spring deflection of 199.47 mm. Maximum spring tension of Drag measurement is 0.0393 lbs force possessed by NACA 4412 with 18 mm deflection.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Data tidak tampil
Published
2020-07-20
How to Cite
1.
Wira Gauthama. PERANCANGAN ALAT BACA LIFT DAN DRAG TIPE PEGAS ULIR DENGAN KAPASITAS 0 – 2,245 Lbs. PADA TEROWONGAN ANGIN KECEPATAN 14,493 Fps – 41,838 Fps. . JIA [Internet]. 2020Jul.20 [cited 2024Apr.29];13(02):91-100. Available from: https://journal.ppicurug.ac.id/index.php/jurnal-ilmiah-aviasi/article/view/251