ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP MOTIVASI TARUNA PADA MATA KULIAH FISIKA DASAR DI JURUSAN TEKNIK PENERBANGAN SEKOLAH TINGGI PENERBANGAN INDONESIA (STPI) CURUG TANGERANG
Abstract
Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, potensi sumber daya manusi merupakan aset nasional sekaligus sebagai modal dasar pembangunan nasional. Potensi sumber daya manusia dapat di gali dan dikembangkan melalui pendidikan. Pendidikan yang diperoleh manusia melalui tahapan - tahapan tertentu dari mulai input, proses, sampai pada output. Setelah melalui tahapan - tahapan tersebut potensi sumber daya manusia tersebut dapat dilihat setelah ia menerima hasil dari proses pendidikan yang diraih. Penelitian ini mempunyai tujuan Untuk mengetahui Pengaruh Model pembelajaran Kooperatif Jigsaw Terhadap Motivasi Taruna, Untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Motivasi Taruna, Untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Dan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Motivasi Taruna Pada Mata Kuliah Fisika Dasar di jurusan Teknik Penerbangan Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug Tangerang, nilai T'tabel untuk N = 46 adalah sebesar 2.018. Jadi 2.680, Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dan Model Pembelajraan Berbasis Masalah secara simultan (bersama - sama) memang berhubungan positif terhadap Motivasi Taruna dan sisanya sebesara 35.5% berhubungan dan factor lain yang tidak diamati oleh penulis. Dan hasil dari nilai (R Square) sebesar 0.417. Hal ini menunjukan bahwa sebesar 41.7% Model Pembelajaran Berbasis Masalah secara silmutan (bersama - sama) memang berpengaruh positif terhadap Motivasi Taruna sedangakan sisanya sebesar 58.3% berpengaruh dengan faktor lainnya yang tidak teramati oleh penulis.
Downloads
Copyright (c) 2013 Taryana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.