FAKTOR-FAKTOR BERPENGARUH DALAM TOEFL® PREPARATION STUDI KASUS PROGRAM STUDI DIPLOMA IV TEKNIK LISTRIK BANDARA ANGKATAN-17

  • Benny Kurnianto
Keywords: multilevel skill, large class

Abstract

B.Indonesia

TOEFL® menjadi salah alat ukur yang digunakan sejumlah perusahaan jasa penerbangan di Indonesia dalam proses rekrutmen untuk mengetahui kecakapan berbahasa Inggris calon pegawai. Dalam kurikulum Program Studi Teknik Listrik Bandara di Politeknik Penerbangan Indonesia Curug pun menempatkan TOEFL® Preparation dalam silabus mata kuliah Bahasa Inggris dengan target skor tertentu. Untuk itu, perlu kajian mendalam untuk melihat kesesuaian antara tujuan pembelajaran dengan design pembelajaran. Penelitian ini pun dilakukan untuk melihat faktor-faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran TOEFL® Preparation menurut design pembelajaran. Dari kajian ini, ditemukan bahwa faktor signifikan yang mempengaruhi proses pembelajaran adalah (1) kelas TOEFL® Preparation dinilai besar/large class dan (2) tingkatan kemampuan awal bervariasi/multilevel skill. Studi ini juga merekomendasikan untuk dilakukan perubahan design dengan menyesuaikan karakter kelas.

B.English

TOEFL® becomes one of the measuring instruments used by several aviation service companies in Indonesia in the recruitment process to figure out the prospective employee's speaking skills. Meanwhile, an advanced English has been placed on the curriculum of Electrical Engineering Study Program at Indonesian Civil Aviation Polytechnic. A kind of TOEFL® Preparation was listed in the syllabus of this program which require specific TOEFL® score to pass the subject. Therefore, it was proper to carry out a study in order to examine the congeniality between the learning objectives and the class design. Hence, this study was conducted to examine factors that influence the learning process of TOEFL® preparation according to the existing class design. From this study, it was found two significant factors that influence learning process: (1) the class was regarded as large class and (2) the student initial skill was varied. This study recommends to change the class design which is more suitable to the class character

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Data tidak tampil
Published
2020-07-20
How to Cite
1.
Benny Kurnianto. FAKTOR-FAKTOR BERPENGARUH DALAM TOEFL® PREPARATION STUDI KASUS PROGRAM STUDI DIPLOMA IV TEKNIK LISTRIK BANDARA ANGKATAN-17. JIA [Internet]. 2020Jul.20 [cited 2024Apr.29];13(02):1-. Available from: https://journal.ppicurug.ac.id/index.php/jurnal-ilmiah-aviasi/article/view/DOI