Pengujian Kekesatan Landas Pacu Dengan Menggunakan Metode Sand Patch Di Bandar Udara Internasional Radin Inten II Lampung
Abstract
Kekesatan prasarana sisi udara akan menurun di karena kan berbagai faktor. Faktor yang utama adalah karena terjadinya gesekan antara ban pesawat dengan permukaan perkerasan baik pada saat pengereman maupun saat pesawat berjalan yang mengakibatkan terjadi akumulasi kontaminasi karet pada permukaan perkerasan. Untuk itu kita perlu menentukan tingkat kekesatan permukan perkerasan guna memberikan keselamatan penerbangan dan persyaratan operasional runway. Penulis dalam hal ini melakukan pengujian kekesatan pada runway Bandar Udara Radin Inten II Lampung dengan metode Sand Patch yaitu metode pengukuran rata-rata kedalaman tekstur secara volumetric menggunakan pasir dengan ketentuan tertentu. Sehingga akandiperoleh data hasil pengujian sebagai pertimbangan untuk pihak bandar udara mengambil tindakan perawatan runway.
Copyright (c) 2023 Rio Satyo Pangestu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.