Pengaturan pesawat Arrival dan Departure Untuk Efisiensi Terbang Dengan Metode Penerapan 5 Minute Separation Studi Kasus: Bandara Eltari Kupang
Abstract
Air Traffic Control memiliki tugas utama dalam mencegah tabrakan antar pesawat dan juga menjaga keteraturan arus lalu lintas penerbangan, namun seringkali masih terdapat pengaturan pesawat yang kurang efektif seperti pesawat departure harus menunggu lama di holding point. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan model pengaturan pemisahan jarak (separation) untuk departure aircraft dan arriving aircraft dengan menggunkan standar separation 5 menit. Penelitian lapangan ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, studi literatur dan data diambil melalui observasi lapangan. Hasilnya adalah rata-rata waktu pesawat melakukan taxi antara 5 – 6 menit, dan waktu rata-rata pesawat melaksanakan Instrument Approach Procedure (IAP) 5 menit sehingga separation 5 menit dapat terapkan. Kesimpulannya adalah pesawat departure dapat diijinkan untuk memulai pergerakan taxi ketika pesawat arrival memulai Instrument Approach Procedure (IAP).
Copyright (c) 2023 Imam Sonhaji

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.