Otomatisasi Peralatan dan Pengolahan Data Observasi Pilot Balon di Stasiun Meteorologi Kuffar, Seram Bagian Timur

  • Wasfi Qordowi BMKG
  • Rini Sadiatmi
Keywords: Otomatisasi, Pilot Balloon, Efisiensi

Abstract

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika memberikan pelayanan informasi meteorologi berupa data pengamatan udara atas, Pilot Ballon. Pengamatan arah dan kecepatan angin lapisan atas Pilot Balloon masih bersifat konvesional dan memiliki beberapa kekurangan dan permasalahan seperti hasil dari pengukuran masih membutuhkan langkah dari perhitungan arah dan kecepatan angin hingga data di sandi untuk dikirim membuatnya kurang maksimal dalam hal efisiensi waktu. Penerapan otomatisasi diperlukan untuk merestrukturisasi peralihan dari konvensional ke otomatis dan meningkatkan keakuratan ketika menggunakan peralatan pengamatan konvensional tersebut. Diharapkan pengamatan pilot ballon ditingkatkan untuk mendapatkan informasi data arah dan kecepatan angin atas yang cepat, akurat, dan terdokumetasi dengan baik. Dalam tulisan ini difokuskan mendeskripsikan otomatisasi dalam sistem pengukuran dan pengolahan data pengamatan Pilot Balloon dengan sistem yang otomatis dan terdigitalisasi, sehingga proses pengamatan sampai pengiriman data bisa secara praktis dan akurat, memaksimalkan kemampuan pengamatan, dan data udara atas dapat dikirim tepat jam pengiriman. Sistem otomatisasi ini juga dapat mengurangi jumlah kesalahan, peningkatan keefektifan kerja, ketepatan waktu, serta turut mendukung keselamatan penerbangan pada bandara Kuffar, Seram Bagian Timur.

References

Pemerintah Indonesia. (2009). Undang-Undang No. 31 Tahun 2009 yang Mengatur Tentang Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika. Lembaran RI Tahun 2009 No. 139. Jakarta : Sekretariat Negara.
Wright, J.M., Jr. (1997). Federal Meteorological Handbook No. 3: Rawinsonde and Pibal Obervations; Office of the Federal Coordinator for Meteorology. National Oceanic and Atmospheric Administration : Washington, USA.
BMKG. (2006). Peraturan Kepala Badan Meteorologi dan Geofisika (KBMG) Nomor: SK.44/ME.104/KB/BMG 2006 tentang Tata Cara Tetap Pelaksanaan Pengamatan, Penyandian dan Pelaporan Hasil Pengamatan Udara Atas. Jakarta : Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika.
KBBI. (2022). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). https://kbbi.kemdikbud.go.id/
Breithaupt Manual. (2021). Short instruction for use Pilot Balloon Theodolite TEBAL 2 No. 7222 Data Recording and Evaluation Software No. 1402630. Germany : F. W. Breithaupt & Sohn GmbH & Co. Kassel.
Tenenbaum, J. (1991). Jet stream winds: Comparisons of analyses with independent aircraft data over southwest
Asia. Wea. Forecasting, 6: 320–336.
Rukhovets, L., Tenenbaum, J. & Geller, M. (1998). The impact of additional aircraft data on the Goddard Earth Observing System analyses. Mon. Wea. Rev., 126: 2927–2941.
Lunnon, R. W. & Patton, R. (1997). Optimum routings and optimum fuel loadings: Upper air wind considerations. In Preprints of Seventh Conf. on Aviation Range and Aerospace Met., Long Beach, California, Am. Meteorol. Soc., 319–323.
Published
2022-12-31