Analisis Fasilitas Yang Digunakan Dalam Proses Pelayanan Informasi Aeronautika Di PIA Wilayah Denpasar

  • Binda Husnun Hanifah Agisya Hanifah Agisya Politeknik Penerbangan Indonesia
  • Elfi Amir POLITEKNIK PENERBANGAN INDONESIA CURUG
  • Dini Wagini POLITEKNIK PENERBANGAN INDONESIA CURUG
Keywords: aeronautical information service, facilities, information

Abstract

Aeronautical Information Services (AIS) is a service responsible for ensuring the safety, regulation, and efficient air navigation through providing information and data related to aviation. Aeronautical Information Services (AIS) is a service established within a specific geographical area responsible for providing flight information and data. Therefore, it requires supporting facilities to provide high-quality information to support airline operations. In this journal, a qualitative approach with descriptive data is employed. Data collection is done through direct observation (direct observation) as an insider directly conducts On-the-Job Training at the AIS in the Denpasar Region.

References

Lestary, D., Aswia, P. R., & L, E. E. (2021). Analisis Beban Kerja PLLU Terhadap Pelayanan Lalu Lintas Penerbangan di Perum LPPNPI Cabang Denpasar. Journal of Airport Engineering Technology (JAET), 2(01), 16-21. https://doi.org/10.52989/jaet.v2i01.46

Simamora, L., Husen, L. O., & Zainuddin, Z. (2021). Efektivitas Pengawasan Pelayanan Navigasi Penerbangan di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar. Journal of Lex Generalis (JLG), 2(9), 2574–2589. https://mail.pasca-umi.ac.id/index.php/jlg/article/view/683
ICAO.(2013). ICAO ANNEX 15: Aeronautical Information Services.
ICAO. Doc 8126 AIS Manual 7th Edition
Perum LPPNPI. FORM. 01 Registrasi Dan Verifikasi Pengajuan Perubahan Penambahan Data Publikasi.
Perum LPPNPI. FORM. 07 Monitoring Proses Request NOTAM dan SNOWTAM.
Perum LPPNPI. FORM. 12 Monitoring Penyampaian Dokumen NOTAM, SNOWTAM, dan ASHTAM di PIA Wilayah.
Perum LPPNPI. FORM. 65 Daftar Fasilitas
Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor PR 18 Tahun 2018 Tahun 2023. Tentang Standar Teknis Dan Operasi Bagian 69 – 02 (Manual Of Standard Part 69 – 02) tentang Lisensi, Rating, Pelatihan Dan Kecakapan Personel Pemandu Komunikasi penerbangan, Personel
Teknik Telekomunikasi Penerbnagan, Personel Pelayanan Informasi
Aeronautika Dan Personel Perancang Prosedur
MOS 175 04 KP 424 Tahun 2015. Penyelenggara Pelayanan Informasi Aeronautika
PM 09 Tahun 2023. Tentang Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil Bagian 175 Tentang Penyelenggara Pelayanan Informasi Aeronautika Sub Bagian 175. C. 3-Dokumen Standar Pelayanan 175.100 Manual Operasi
Perum LPPNPI (2017). Peraturan Direksi No. PER.041/LPPNPI/X/2017 :
ORGANISASI DAN TATA LAKSANA PERUM LEMBAGA PENYELENGGARA PELAYANAN NAVIGASI PENERBANGAN INDONESIA PUSAT INFORMASI AERONAUTIKA Tangerang: Kantor Pusat Perum LPPNPI
Perum LPPNPI. SOP. 025 Pemeliharaan dan Perbaikan Fasilitas
Published
2025-03-06
How to Cite
Hanifah Agisya, B. H. H. A., Amir, E., & Wagini, D. (2025). Analisis Fasilitas Yang Digunakan Dalam Proses Pelayanan Informasi Aeronautika Di PIA Wilayah Denpasar. Aviation Business and Operations Journal, 2(02), 76 - 82. https://doi.org/10.54147/jobp.v2i02.1285

Most read articles by the same author(s)